Selasa, 10 April 2012

Dunia RemajaKu, Seruuuu dapatkan modul DAKU

Perkembangan dunia Internet dan lalu lintas informasi yang serba cepat telah menciptakan peluang yang sangat baru bagi anak muda untuk berinteraksi dengan orang lain atau mencari informasi melalui simulasi
atau game komputer. 

Biasanya informasi yang didapat dari internet jauh lebih menarik dan berkesan sehingga akan memberikan pengaruh yang lebih kuat terhadap anak muda.



Pada saat ini keterampilan menggunakan komputer sangat penting untuk memperluas wahana belajar serta mendapatkan informasi, misalnya dengan internet dimana remaja dapat berkomunikasi dengan remaja di belahandunia lainnya.

Komputer dan teknologi informasi digital lainnya telah mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, melakukan perjalanan, mendapatkan berbagai layanan, dan belajar. Tidak diragukan lagi bahwa teknologi
akan terus mempengaruhi semua aspek kehidupan kita. Teknologi tengah mengubah masyarakat kita karena membuat hal-hal yang sebelumnya tidak terbayangkan menjadi nyata.

Saat ini keterampilan dibidang teknologi secara luas dianggap sebagai keterampilan dasar yang harus dimiliki. Begitu pula dalam bidang pendidikan. Bermula di Uganda, World Population Foundation (WPF)
bekerja sama dengan Schoolnet Uganda, para guru dan murid di sana, mengembangkan sebuah modul pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kompetensi sosial para remaja, baik mereka yang masih bersekolah maupun remaja putus sekolah. Pengembangan design modul ini ke dalam bentuk teknologi komputer (IT) dilakukan oleh the Butterflyworks www.butterflyworks. org. Modul ini kemudian dikenal dengan nama The World Starts with Me (WSWM).

Pada tahun 2005, WPF bekerja sama dengan Yayasan Pelita Ilmu (YPI), serta beberapa guru dan remaja di Jakarta, mulai melakukan adaptasi modul WSWM agar dapat digunakan di Indonesia. Modul hasil dari
adaptasi WSWM ini kemudian dinamakan modul Dunia Remajaku Seru! atau DAKU!.

Program ini menawarkan sebuah alternatif pendidikan seks yang unik dimana hak asasi manusia (HAM) dan pendekatan positif terhadap seksualitas menjadi titik awal pengembangan kompetensi sosial dan teknis remaja, seperti keterampilan bernegosiasi, penggunaan alat kontrasepsi, serta hak untuk menolak berhubungan seks. Kompetensi tersebut diperlukan untuk agar remaja mampu mengambil keputusan yang
didasarkan pada pengetahuan yang benar dan cukup. Modul ini sangat mudah digunakan dan dapat diadaptasi untuk situasi/tempat yang berbeda, berdasarkan saran dan masukan yang diperoleh.

Lingkungan aman karena menggunakan komputer yang dijalankan secara mandiri oleh siswa, akan menyediakan proses pembelajaran interaktif, terutama ketika mendiskusikan isu-isu sensitif. Struktur pelajaran yang seragam dan sistematis menjamin kualitas pembelajaran dari satu bab ke bab lainnya. Perpaduan antara tulisan, gambar dan suara dalam tiap ajaran, dapat secara efektif membentuk keselarasan antara pengetahuan, sikap dan keterampilan remaja dalam proses pembelajaran sosial mereka.

Penjelasan program

DAKU! adalah modul kesehatan reproduksi dan seksual serta pencegahan HIV/AIDS. Terdiri dari 14 pokok bahasan atau bab yang kemudian terbagi dalam beberapa bagian yang meliputi: tujuan pembelajaran, tugas-tugas, pemanasan, presentasi, permainan, alat dan bahan, panduan, dan cerita-cerita. Semuanya tersedia untuk guru maupun siswa. Selain itu, ada juga forum/situs DAKU (www.wpfindonesia. org/daku/ ) yang menyediakan sarana bagi siswa dan guru untuk bertukar pendapat dan tips, serta menyajikan hasil karya siswa.

Berikut ini adalah Modul-modul yang terdapat pada DAKU!

Bab 1 : Semua Dimulai Dari Saya
Bab 2 : Perubahan Emosi
Bab 3 : Apakah Tubuhmu Juga Berubah?
Bab 4 : Pertemanan dan Hubungan Lainnya
Bab 5 : Jender (Laki-laki dan Perempuan)
Bab 6 : Perjuangkan Hakmu!
Bab 7 : Seksualitas dan Cinta
Bab 8 : Kehamilan : untuk Perempuan dan Laki-laki
Bab 9 : Lindungi Dirimu dari IMS & HIV/AIDS
Bab 10 : Narkoba dan HIV/AIDS
Bab 11 : Cinta seharusnya tidak menyakiti
Bab 12 : Masa Depan, Impian, dan Rencanamu
Bab 13 : Catatan Kreatifku: Pesanku Untukmu
Bab 14 : Pameran

Kontak

Jika Anda adalah seorang guru, kepala sekolah, konselor, aktifis kesehatan reproduksi remaja, tenaga kesehatan atau pengelola program, dan berniat untuk mendapatkan informasi mengenai cara menerapkan modulDAKU!, mohon informasikan pada kami melalui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar